Senin, 20 Juni 2011

MANUSIA dan PERADABAN

Peradaban adalah kebudayaan yang telah mencapai tingkat tertentu pada suatu masyarakat, yang tercermin dalam tingkat intelektual, keindahan, teknologi, dan spiritual.
Istilah peradaban dalam bahasa inggris disebut civilization, istilah peradaban sering dipakai untuk menunjukan pendapat dan penilaian kita terhadap perkembangn kebudayaan. Pada waktu perkembangan kebudayaan mencapai puncaknya berwujud unsur-unsur budaya yang bersifat halus, indah, tinggi, sopan, luhur, dan sebagainya, maka masyarakat pemilik kebudayaan tersebut dikatakan telah memiliki peradaban yang tinggi. Maka istilah peradaban sering dipakai untuk hasil-hasil kebudayaan seperti: kesenian, ilmu pengetahuan, dan teknologi, adat sopan santun, serta pergaulan. Selain itu juga kepandaian menulis, organisasi bernegara serta masyarakat kota yang maju dan kompleks.
Manusia yang sudah mencapai peradaban yang baik harus mencerminkan prilaku yang Homohumanus, berahlakul karimah serta anggun moral. Tapi ketika manusia yang sudah mencapai peradaban yang baik belum tentnu mencerminkan prilaku yang tinggi. Hal ini dikarenakan orang tersebut tidak mampu menyeimbangkan atau mengendalikan kebudayaaannya sehingga menimbulkan prilaku yang menyimpang. Contoh di negara adidaya adikuasa yakni Amerika masyarakatnya berprilaku tidak sesuai mereka berpilaku free sex, ayah memperkosa anak . solusi dari permsalahan itu ialah kembali pada pendidikan. Arahkan pendidikan kepada pemaknaan etik & estetika serta lakukan pendidikan yang koperehensif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar